29/11/10

Berkah dari menulis bismillah dan keutamaannya

Sebagaimana diriwayatkan dari Nabi SAW : “Apabila, Seorang hamba menulis Bismillahir Rahmanir Rahim pada sebuah papan tulis maupun sebuah kitab, maka sesungguhnya para malaikat menulis pahala serta memintakan ampun bagi dirinya selama nama itu masih tertera di papan tulis itu ataupun buku itu”.

Berkah dari menulis basmallah

S : Apa yang Saya lakukan apabila Saya ingin menulis basmalah dengan baik ?

J : Apabila Kamu ingin menulis basmalah dengan baik, maka cahayakanlah tintamu, runcingkanlah penamu, luweskanlah huruf ‘ba’ nya, runcingkanlah ‘ujung-ujung sin’ pada hurufnya, jelaskanlah jalannya karena pengagungan kepada nama Allah Ta’ala, lobangkanlah huruf mim dan ha, panjangkanlah ar-rahman dan ar-rahim, dan baguskanlah dalam menulis kedua sifat Allah itu. Karena, seseorang dari Bani Isra’el menulis basmalah dan membaguskannya dalam menulis basmalah. Oleh sebab itu, Allah mengampuni dosa-dosa pada dirinya.

Sebagaimana Nabi SAW bersabda : “Wahai… juru tulis! Cahayakanlah tintamu, runcingkanlah penamu, belokkanlah huruf ‘ba’, runcingkanlah huruf ‘sin’, lobangkanlah huruf ‘mim’, jelaskanlah lafaz Allah, baguskanlah lafaz ar-rahman dan ar-rahim. Sesungguhnya seseorang dari Bani Isra’el menulisnya dan membaguskannya, lalu Allah mengampunkan dosa-dosanya karena sebab perkara tersebut”

Hadist2 yg menceritakan keutamaan basmallah

S : Apa keutamaan basmalah untuk kehidupan kita ?

J : Hadits-hadits yang teriwayatkan tentang keutamaan basmalah itu banyak, di antaranya :

1. Nabi SAW bersabda : “Tidaklah ditolak do’a yang diawali dengan Bismillahir Rahmanir Rahim”.

2. Nabi SAW bersabda : “Tidaklah seorang hamba mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim, melainkan Allah Ta’ala menyuruh para malaikat Kiramal Katibin menulis dalam lebaran catatannya 400 kebaikan”.

3. Nabi SAW bersabda : “Apabila seorang hamba menulis Bismillahir Rahmanir Rahim pada sebuah papan maupun sebuah kitab, maka sesungguhnya para malaikat menulis pahala serta memintakan ampun bagi hamba tersebut selama basmalah itu berada di papan tulis ataupun buku itu”.

4. Nabi SAW bersabda : “Tidaklah seorang hamba yang mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim kecuali hancurlah syethon seperti memuainya timah di atas api”.

5. Nabi SAW bersabda : “Barang siapa yang mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim 1 kali, tak tersisa seberat apapun dari dosanya” (yakni : dosa-dosa kecil).

6. Nabi SAW bersabda : “Barang siapa menulis Bismillahir Rahmanir Rahim lalu memperindah karena mengagungkan Allah SWT, maka diampunilah dosanya yang telah lalu dan yang akan datang”.

7. Nabi SAW bersabda : “Barang siapa mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim, maka ditulis namanya tergolong ke dalam abror (orang-orang yang berbuat baik) dan terbebas dari kufur dan nifaq”.

8. Nabi SAW bersabda : “Barang siapa mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lewat”. (yakni : dosa-dosa kecil)

9. Nabi SAW bersabda : “Apabila kalian berdiri (dari sebuah majlis), maka ucapkanlah Bismillahir Rahmanir Rahim … Shallahu ala sayyidina Muhammadin wa ala alihi wa shobihi wa sallama. Karena sesungguhnya apabila manusia hendak mengumpat kalian, maka para malaikat mencegah mereka dari hal tersebut”.

10. Nabi SAW bersabda : “Barang siapa yang ingin diselamatkan Allah dari malaikat Zabaniyah yang Sembilan belas, hendaklah dia mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim karena basmalah terdiri dari 19 huruf sehingga Allah Ta’ala menjadikan setiap huruf dari basmalah sebagai perisai terhadap satu orang dari mereka”.

11. Nabi SAW bersabda : “Apabila kalian duduk dalam suatu majlis, maka ucapkanlah Bismillahir Rahmanir Rahim … Shallahu ala sayyidina Muhammadin wa ala alihi wa shobihi wa sallama maka barang siapa yang mengerjakan hal tersebut. Allah menyuruh malaikat mencegah mereka dari mengumpat hingga mereka tidak mengumpat kalian”.

12. Nabi SAW bersabda : “Pada hari kiamat, sesungguhnya umatku datang sambil mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim, maka kebaikan-kebaikan mereka menjadi berat dalam timbangan. Lalu, para umat manusia berkata : ‘Apa yang memberatkan timbangan-timbangan umat Muhammad SAW ?’ Para Nabi berkata kepada mereka: ‘Awal ucapan umat Muhammad SAW adalah 3 nama dari nama Allah SWT yang mulia. Seandainya, 3 nama tersebut ditimbang pada sisi timbangan dan diletakkan keburukan-keburukan seluruh makhluk pada sisi lainnya pastilah lebih berat kebaikan-kebaikan umat Muhammad SAW”.

13. Nabi SAW bersabda : “Allah Ta’ala menjadikan ayat ini sebagai obat dari setiap penyakit, memberi kecukupan dari setiap kefakiran, pelindung dari api neraka, memberi keamanan dari setiap ketenggelaman (air bah), tanah longsor, dan hujan batu selama mereka membacanya”.
 


sumber: catatan abu atarashi

23 komentar:

bismillahirromanirrohim

terima kasih gan atas ilmu nya...
sukses slalu ya..

basmalah adalah sebuah doa untuk melakukan suatu aktifitas sehari-hari

makasi ya teman2 yg dh mw berkomentar...

Nabi SAW bersabda : “Setiap perkara yang mulia yang tidak diawali Bismillahir Rahmanir Rahim pada perkara tersebut, maka perkara tersebut terputus atau terpotong atau tercopot”

Tetapi, tidak diperintahkan membaca basmalah atas perkara-perkara yang dianggap hina seperti menyapu sampah.

Dengan basmallah semoga semua kegiatan yang dilakukan menjadi sebuah amal sholeh...

Dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim
ku awalai aktivitas Blogwalking an komentar disini

salam sahabat
amien semoga kita bisa menerapkan berkahan dari tulisan basmallah dengan isitqomah sehingga dengan segala aktivitas yang diawali akan membawa berkah amien

sungguh luar biasa,,bacaan basmallah,,,
dengan membancanya isyaAllah semua kegiatan kita akan lancar,,, :)

salam

mulakan dengan basmalah dan akhirilah dengan salawat ke atas Nabi SAW maka tiada suatu pun akan tertinggal melainkan akan sampai kepada-Nya.

wallahua'alam.

iya amien...,, semoga aktivitas yang kita awali dengan bismillah akan membawa berkah.

info yang sangat bermanfaat terima kasih atas pembelajarannya

semua aktifitas yang baik tentu harus dengan bacaan Bismillah untuk memulainya

diawali dengan bismillah, diakhiri dengan alhamdulillah..
=D

ternyata pahala yang di berikan Allah SWT terhadap orang yang menuliskan basmallah sangatlah besar, apalagi yang membaca dan mengahayatinya

silahkan berkunjung, bagi yang ingin mengetahui dunia arsitektur

salam sob
bismillah perlu sob
penting

salam sahabat, amiin semoga bisa menerapkan, ini posting bagus Gan mengingat ttg bismillah.....lanjuuut

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Subhanallah, ane baru tau nih keutamaan mengawali dan mengakhiri setiap kegiatan kita dengan basmallah, dan hamdallah gan. Ternyata banyak sekali barokah-Nya ya. Jazakalah gan ^^

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

Posting Komentar