15/10/10

KISAH SEORANG PEMUDA DAN KIYAI

Ada seorang pemuda yang lama sekolah di luar negeri, kembali ke tanah air. Sesampainya di rumah, dia meminta kepada orang tuanya untuk mencari seorang guru agama, Kiyai atau siapa saja yang bisa menjawab tiga pertanyaannya.

Akhirnya orang tua pemuda itu mendapatkan orang tersebut, seorang kiyai.

Pemuda : Anda siapa dan apakah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saya?
Kiyai : Saya hamba Allah dan dengan izin-Nya saya akan menjawab pertanyaan anda.

Pemuda : Anda yakin? Sedangkan Profesor dan ramai orang yang pintar tidak mampu menjawab pertanyaan saya.
Kiyai : Saya akan mencoba sejauh kemampuan saya.

Pemuda : Saya ada tiga pertanyaan:
1. Kalau memang Tuhan itu ada, tunjukkan wujud Tuhan kepada saya

2. Apakah yang dinamakan takdir

3. Kalau setan diciptakan dari api kenapa dimasukan ke neraka yang dibuat dari api, tentu tidak menyakitkan buat setan. Sebab mereka memiliki unsur yang sama. Apakah Tuhan tidak pernah berpikir sejauh itu ?

Tiba-tiba kyai tersebut menampar pipi pemuda tadi dengan keras.
Pemuda : (sambil menahan sakit. Kenapa anda marah kepada saya ?
 

Kiyai : Saya tidak marah…Tamparan itu adalah jawaban saya atas tiga pertanyaan yang anda ajukan kepada saya.
Pemuda : Saya sungguh-sungguh tidak mengerti.
 

Kiyai : Bagaimana rasanya tamparan saya ?
Pemuda : Tentu saja saya merasakan sakit.
 

Kiyai : Jadi anda percaya bahwa sakit itu ada ?
Pemuda : Ya !
 

Kiyai : Tunjukkan pada saya wujud sakit itu !
Pemuda : Saya tidak bisa.
 

Kiyai : Itulah jawaban pertanyaan pertama…kita semua merasakan kewujudan Tuhan tanpa mampu melihat wujudnya.
 

Kiyai : Apakah tadi malam anda bermimpi akan ditampar oleh saya ?
Pemuda : Tidak.
 

Kiyai : Apakah pernah terpikir oleh anda akan menerima tamparan dari saya hari ini ?
Pemuda : Tidak.
 

Kiyai : Itulah yang dinamakan takdir.
 

Kiyai : Terbuat dari apa tangan yang saya gunakan untuk menampar anda ?
Pemuda : Kulit.
 

Kiyai : Terbuat dari apa pipi anda ?
Pemuda : Kulit.
 

Kiyai : Bagaimana rasanya tamparan saya ?
Pemuda : Sakit.
 

Kiyai : Walaupun setan dijadikan dari api dan neraka juga terbuat dari api, jika Tuhan menghendaki maka neraka akan menjadi tempat yang menyakitkan untuk setan.
 

Semoga sepenggal kisah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan semoga dengan sepenggal cerita ini, Insya Allah, keridaan Allah akan dianugerahkan kepada kita semua dan semakin mempertebal iman dan keyakinan kita pada Allah SWT.


19 komentar:

selalu selau dan selalu membuat q tertegun dan tersadar dengan smua crita nya gan...
nice post,...

subhanallah...sepintar dan sebijak mana manusia yang enggan kenal tuhan (Allah SWT) sebenarnya jelek..wallahu'alam.

nice entry.

makasih ya kawan-kawan atas komentarnya...

semoga dr kisah tersebut akan bertambah keyakinan kita akan allah swt.

amiin...

artikel mu bikin aku sadar :)

Assalammualaikum isal,

baik dijadikan pedoman hidup...

Allah memang Maha Adil . . ,

nice info kawan !!! menghibur dan sangat bermanfaat . . ,

nice post, sangat bermanfaat, thanks sob...

mantaps , nice ceritalah ahah

makasih ya semua dh koment...

semoga artikel diatas bermanfaat buat kita semua..
amin..

subhanallah... bijak banget ya tu kiayi... mungkin juga atas rahmat Allah lah, kiayi itu bisa menjawab dengan bijak seperti itu.... mantap dah sob... udah nge share...

iya bisa jd...,, mungkin kiayi bisa jawab gt karna rahmat alah agar si anak muda tadi mendapat hidayah...

:D

iya nh...

semoga kita semua bisa dapet pelajaran dari situ...

:D

Haduh kawan aq pusing dg buku tamu kamu bs 2 jam aq dsini hix hix tp sk jg kmari lg hehehe

cerita yang menarik sobat

Sangat inspiratif, mencerahkan. thx

Poskan Komentar